Cara Memaksimalkan Prosesor HP Xiaomi Agar Tidak Lag

Cara Memaksimalkan Prosesor Hp Xiaomi Agar Tidak Lag – HP Xiaomi terkenal dengan harga banderolnya yang terbilang murah dibandingkan smartphone dari brand lain. Inilah yang menjadi alasan utama kenapa banyak orang di Indonesia khususnya lebih memilih HP dari Xiaomi tersebut. Terlebih lagi Xiaomi telah menghadirkan banyak seri HP yang memiliki keunggulan masing-masing, menjadi daya tarik lain bagi pengguna.

Menggunakan HP Xiaomi untuk berbagai aktivitas, ada kalanya perangkat tersebut mengalami lag atau sering macet. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal, yang pasti dalam kondisi ini prosesor akan bekerja keras untuk memenuhi perintah yang diberikan oleh pengguna. Lantas, bagaimana cara memaksimalkan prosesor HP Xiaomi agar tidak lag tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Memaksimalkan Prosesor HP Xiaomi Agar Tidak Lag

Untuk membuat performa kinerja HP Xiaomi lebih cepat dan anti lag, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Yang pasti cara-cara ini dapat diterapkan dengan mudah bahkan bagi Anda yang masih awam. Adapun cara memaksimalkan prosesor HP Xiaomi agar tidak lag selengkapnya, sebagai berikut:

1. Lakukan Restart HP

Cara yang paling mudah dan ampuh untuk membuat HP Xioami lebih cepat dan responsif yakni dengan melakukan restart atau mulai ulang. Dalam hal ini semua file cache dan sampah yang tersimpan di RAM akan dikosongkan dan dihapus secara permanen.

Kita tahu, RAM menjadi komponen penting dalam HP untuk meningkatkan performa kinerjanya selain prosesor. Ruang RAM yang lega akan membantu proses bekerja lebih maksimal sehingga HP lebih cepat dan tidak lag lagi.

2. Menghapus Cache di HP Xiaomi

Beberapa jenis file cache tidak akan terhapus meskipun perangkat HP Xiaomi sudah direstart. Untuk itu, Anda perlu melakukan pembersihan lanjutkan untuk menghapus file cache dan file tersembunyi yang memberatkan kinerja prosesor tersebut. Untuk cara membersihkannya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda buka aplikasi Keamanan di perangkat HP Xiaomi.
  • Pada halaman aplikasi tersebut, Anda klik pada menu Pembersih.
  • Nantinya sistem di Xiaomi akan melakukan scanning dan mencari file sampah yang tersimpan di dalamnya.
  • Jika sudah selesai, selanjutnya Anda klik tombol Bersihkan.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan pembersihan sampah di Xiaomi secara manual, caranya:

  • Buka menu Setelan atau Settings di HP Xiaomi.
  • Kemudian masuk ke opsi APL.
  • Selanjutnya klik pada opsi Kelola Aplikasi.
  • Sekarang Anda cari dan pilih salah satu aplikasi yang ingin dihapus file cachenya.
  • Selanjutnya klik Hapus Cache untuk menghapus file sampahnya. Atau bisa lanjut dengan klik Hapus Data untuk menghapus data aplikasi secara menyeluruh.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Dan cara yang terakhir untuk memaksimalkan kinerja prosesor di HP Xiaomi yakni dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan yakni bernama One Booster.

Aplikasi One Booster ini sendiri dibekali dengan banyak fitur dan layanan di dalamnya. Mulai dari fitur untuk membersihkan file cache dan file tersembunyi, membersihkan RAM, menghentikan aplikasi di latar belakang, mendinginkan suhu prosesor dan komponen lain, hingga menghemat daya baterai. Anda bahkan bisa menginstall aplikasi One Booster ini secara gratis melalui Google Playstore.

Itulah tadi beberapa cara memaksimalkan prosesor HP Xiaomi agar tidak lag yang ampuh dan mudah bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *