Cara Mengatasi Telegram Tidak Bisa Download Video Menggunakan Wifi

Cara Mengatasi Telegram Tidak Bisa Download Video Menggunakan Wifi – Di Telegram kita tidak hanya bisa mengirim pesan dalam bentuk teks saja, melainkan juga bisa melampirkan file media. Misalnya saja mengirim gambar, video ataupun file audio yang tentunya juga ada batasan untuk pengirimannya tersebut. Pembatasan ini bisa berdasarkan ukuran file dan juga durasinya untuk pengiriman video.

Khususnya untuk video di Telegram, kita memungkinkan untuk mengunduh dan menyimpan kiriman video dari chat pribadi atau grup ke galeri HP. Akan tetapi, ada kalanya mendownload file video di Telegram tidak bisa dilakukan alias gagal download, khususnya saat menggunakan jaringan wifi. Lantas, bagaimana cara mengatasi telegram tidak bisa download video menggunakan wifi tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Telegram Tidak Bisa Download Video Menggunakan Wifi

Video yang tidak bisa didownload di Telegram ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Penting untuk mengetahui beberapa penyebabnya tersebut agar masalah yang sama tidak terulang kembli. Mengenai beberapa penyebab tidak bisa unduh video di Telegram saat HP terhubung ke jaringan wifi selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Koneksi wifi yang bermasalah.
  2. Error pada sistem android.
  3. File cache aplikasi Telegram yang menumpuk.
  4. Data corrupt pada aplikasi Telegram.
  5. Video sudah kadaluwarsa.
  6. Ruang memori tidak mencukupi

Dari beberapa penyebab di atas, kita bisa lebih mudah mengetahui bagaimana cara mengatasi Telegram tidak bisa download video menggunakan wifi tersebut. Adapun cara mengatasi video Telegram tidak bisa didownload tersebut, di antaranya:

1. Restart HP Android

Cara yang pertama untuk mengatasi video Telegram tidak dapat diunduh yakni dengan melakukan restart atau mulai ulang. Cara ini akan mengatasi berbagai masalah error ringan di HP, termasuk error aplikasi.

2. Periksa Jaringan Wifi

Jika masih tidak bisa, Anda bisa mencoba untuk memutus dan menyambungkan kembali koneksi ke jaringan wifi di HP. Caranya matikan fitur Wifi di HP, kemudian tunggu beberapa saat lalu sambungkan lagi ke jaringan wifi yang sama. Atau bisa juga dengan menghidupkan Mode Pesawat, lalu matikan kembali dan hubungkan HP ke jaringan wifi.

Jika masih tetap tidak bisa, maka coba Anda hubungkan HP ke jaringan wifi lainnya atau menghidupkan data seluler pada HP. Untuk penggunaan data seluler, pastikan Anda memiliki kuota yang cukup untuk mengakses Telegram dan mendownload video di dalamnya.

3.  Periksa Ruang Penyimpanan

Video yang tidak dapat didownload di Telegram juga bisa disebabkan karena ruang penyimpanan di HP Anda sudah penuh. Untuk itu, pastikan masih ada sisa ruang kosong di memori internal HP.

Cobalah untuk melakukan seleksi file yang tidak dibutuhkan, kemudian menghapusnya. Jika memang masih dirasa penting, sebaiknya pindahkan saja file ke media penyimpanan lainnya, seperti microSD, flashdisk, PC/laptop dan lain sebagainya.

4. Menghapus Cache dan Data Aplikasi Telegram

File cache aplikasi yang menumpuk bisa menyebabkan error pada fungsinya, termasuk di Telegram. Sebaiknya lakukan penghapusan file cache Telegram di HP dengan cara:

  • Buka menu Pengaturan.
  • Pilih opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih Telegram.
  • Masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik Hapus Cache.

Jika masih tetap tidak bisa download video pada Telegram, maka Anda bisa lanjut menghapus data aplikasi dengan klik Hapus Data.

Untuk aplikasi Telegram yang masih dalam versi lawas, sebaiknya Anda lakukan update ke versi terbaru agar tidak mengalami berbagai masalah error. Termasuk juga masalah error pada video kiriman yang tidak bisa didownload.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi Telegram tidak bisa download video menggunakan wifi yang ampuh bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *