Cara Menghapus Kontak yang Tersimpan di Akun Google

Cara Menghapus Kontak yang Tersimpan di Akun Google – Seperti yang kita tahu, Google merupakan perusahaan raksasa yang menyediakan banyak sekali layanan gratis untuk para penggunanya. Dalam gal ini kita memungkinkan untuk mengakses semua layanan yang diberikan oleh Google tersebut hanya dengan menggunakan 1 akun Google saja. Salah satunya adalah mengakses layanan Google Contact atau Kontak untuk memudahkan kita mengelola kontak di smartphone.

Google Contact sendiri bisa diakses melalui desktop maupun perangkat mobile, yakni lewat browser atau aplikasi resminya. Mengelola daftar kontak di smartphone akan lebih mudah menggunakan aplikasi Kontak dari Google ini. Bahkan ini menjadi cara terbaik untuk membackup data kontak dengan aman dan nyaman. Dalam hal ini Anda mungkin masih ingin mengedit data kontak yang tersimpan di Google tersebut, misalnya saja ingin menghapus beberapa atau semua kontak. Berikut cara menghapus kontak yang tersimpan di akun Google selengkapnya bisa Anda simak dan terapkan.

Cara Menghapus Kontak yang Tersimpan di Akun Google

Sangat mudah sebenarnya untuk menghapus salah satu atau beberapa kontak, bahkan semua kontak yang tersimpan di akun Google. Di sini Anda bisa memanfaatkan aplikasi Kontak Google atau dengan mengakses melalui browser, kemudian melakukan penghapusan dengan mudah.

Adapun cara menghapus kontak yang tersimpan di akun Google yang mudah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Hapus Kontak di Akun Google Lewat Aplikasi

Cara yang pertama ini bisa diterapkan melalui perangkat smartphone android ataupun iPhone. Syaratnya Anda sudah menginstall aplikasi Kontak buatan Google dan login ke akun Google yang menjadi tempat penyimpanan kontak. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda download dan install aplikasi Kontak melalui Google Playstore. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.contacts&hl=id&gl=US
  • Buka aplikasi tersebut, kemudian login ke akun Google yang digunakan untuk menyimpan kontak yang ingin dihapus.
  • Di sana Anda akan langsung melihat daftar kontak yang telah disimpan sebelumnya. Untuk menghapus salah satu kontak, Anda klik pada kontak tersebut lalu klik ikon Tiga Titik di pojok kanan atas dan klik tombol Hapus. Konfirmasi penghapusan kontak dengan klik lagi tombol Hapus.
  • Sementara jika ingin menghapus beberapa kontak, tekan dan tahan pada salah satu kontak yang ingin dihapus. Kemudian tekan kontak lainnya untuk menandainya, lalu klik ikon Tong Sampah dan konfirmasi dengan klik Hapus.
  • Dan untuk menghapus semua kontak, Anda klik ikon Tiga Titik Vertikal di pojok kanan atas tampilan lalu klik Pilih Semua. Klik ikon Tong Sampah, lalu konfirmasi penghapusan dengan klik Hapus.

2. Hapus Kontak di Akun Google Lewat Browser

Sementara untuk cara kedua ini bisa dilakukan jika Anda tidak memiliki aplikasi Kontak dan tidak ingin menginstallnya. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  • Buka browser Google Chrome di perangkat smartphone. Pastikan Anda sudah login ke akun Google yang digunakan untuk menyimpan kontak yang ingin dihapus.
  • Pada browser tersebut Anda kunjungi halaman Google Kontak. https://contacts.google.com/
  • Selanjutnya beri tanda centang pada salah satu atau beberapa kontak, atau bahkan tandai semua kontak.
  • Kemudian klik ikon Tiga Titik di pojok kanan atas tampilan, lalu klik Hapus.
  • Dan konfirmasi penghapusan kontak dengan klik Hapus.

Itulah tadi cara menghapus kontak yang tersimpan di akun Google yang mudah dan praktis bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *