Cara Menghubungkan iPhone ke Laptop Tanpa Kabel

Cara Menghubungkan iPhone ke Laptop Tanpa Kabel – iPhone masih menjadi pilihan favorit banyak pecinta smartphone saat ini, khususnya untuk kalangan menengah ke atas. Dibandingkan dengan smartphone android, iPhone bisa dibilang lebih mahal untuk segi harga. Selain itu, fitur yang disediakan di dalamnya juga canggih, meskipun beberapa mirip dengan fitur yang ada di android.

Salah satunya adalah fitur yang memungkinkan perangkat iPhone dihubungkan ke laptop atau PC untuk nantinya melakukan transfer file atau data. Ada beberapa metode sambungan yang bisa digunakan untuk menghubungkan iPhone ke laptop tersebut. Menariknya, kita memungkinkan untuk menghubungkan kedua perangkat ini tanpa menggunakan kabel USB. Berikut cara menghubungkan iPhone ke laptop tanpa kabel yang bisa Anda simak dan terapkan.

Cara Menghubungkan iPhone ke Laptop Tanpa Kabel

Paling mudah memang menyambungkan iPhone ke laptop menggunakan kabel USB. Namun, terkadang ada kondisi tertentu yang tidak memungkinkan kita menghubungkan kedua perangkat tersebut dengan kabel. Sebagai gantinya, Anda bisa memanfaatkan jaringan Wifi atau Bluetooth sebagai mode sambungannya.

Adapun cara menghubungkan iPhone ke laptop tanpa kabel yang mudah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menyambungkan iPhone ke Laptop via Wifi

Untuk cara yang pertama ini kita akan menggunakan jaringan Wifi sebagai media penyambungannya. Untuk menerapkan cara ini, pastikan Anda sudah mengaktifkan Sync with this iPhone over Wi-Fi di iTunes. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  • Pertama Anda buka menu Pengaturan atau Settings di perangkat iPhone.
  • Kemudian pilih opsi Wi-Fi yang ada di bagian atas menu.
  • Selanjutnya Anda hubungkan perangkat tersebut ke jaringan wifi yang sama dengan yang digunakan di perangkat laptop.
  • Jika sudah, sekarang Anda klik menu Settings yang di pojok kiri atas tampilan.
  • Selanjutnya geser layar, lalu pilih opsi General.
  • Untuk mulai menyambungkannya ke laptop, Anda klik opsi iTunes Wi-Fi Sync. Kemudian klik tombol Sync Now, maka iPhone akan langsung tersinkronisasi dengan iTunes di perangkat laptop.

2. Menyambungkan iPhone ke Laptop via Bluetooth

Sementara untuk cara yang kedua ini kita akan menggunakan sambungan bluetooth untuk menghubungkan perankat iPhone ke laptop. Kali ini kita akan menggunakan fitur AirDrop yang tersedia di Mac dan iPhone. Cara penyambungannya sendiri bisa dibilang sangat mudah, bahkan tidak butuh langkah-langkah yang panjang.

Mengenai cara menyambungkan perangkat iPhone ke Mac dengan AirDrop tersebut, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda buka aplikasi Finder yang ada di perangkat Mac. Aplikasi ini memiliki ikon seperti wajah dan biasanya ada di Dock.
  • Sekarang Anda aktifkan fitur Bluetooth para perangkat iPhone dan Mac.
  • Jika sudah, pada tampilan utama aplikasi Finder Anda klik menu AirDrop yang ada di samping kiri tampilan.
  • Selanjutnya klik pada opsi Allow me to be discovered by yang muncul di bagian bawah tampilan.
  • Kemudian tampilan drop down akan ditampilkan, lalu Anda klik Everyone.
  • Sekarang pada perangkat iPhone Anda buka tampilan Pusat Kendali dengan menggeser layar Home screen ke atas. Selanjutnya Anda pilih menu AirDrop, kemudian pilih salah satu opsi yang disediakan. Dalam hal ini Anda pilih saja opsi Everyone.
  • Sampai di sini perangkat iPhone sudah bisa terhubung ke laptop melalui AirDrop tadi. Anda bisa langsung melakukan pengiriman file atau berkas dari iPhone ke laptop atau sebaliknya.

Itulah tadi cara menghubungkan iPhone ke laptop tanpa kabel yang mudah dan praktis bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *