Cara Mengubah Gambar Menjadi Teks di Hp Tanpa Aplikasi

Cara Mengubah Gambar Menjadi Teks di Hp Tanpa Aplikasi – Di HP android dibekali dengan berbagai fitur canggih di dalamnya yang berguna untuk memudahkan aktivitas harian pengguna. Beberapa vendor bahkan terus berinovasi dengan menghadirkan fitur baru untuk menjadi daya tarik utama bagi para pecinta smartphone. Tidak hanya dari segi fitur, melainkan juga peningkatan dihadirkan dari sisi spesifikasi yang diusungnya.

Salah satu fitur canggih yang ada di HP android yang bisa Anda nikmati yakni fitur Pemindai Teks pada Gambar. Fitur ini memungkinkan untuk memindai teks yang ada di sebuah gambar, kemudian teksnya bisa disalin dan disimpan dalam bentuk file dokumen. Meskipun mudah, namun masih banyak pengguna yang belum tahu cara mengubah gambar jadi teks dengan fitur tersebut. Berikut cara mengubah gambar menjadi teks di HP tanpa aplikasi yang mudah bisa Anda simak dan terapkan.

Cara Mengubah Gambar Menjadi Teks di Hp Tanpa Aplikasi

Memindai teks pada sebuah gambar memungkinkan dilakukan dengan mudah sekarang ini melalui perangkat smartphone. Dalam kerjanya tersebut memanfaatkan teknologi OCR yang memiliki kepanjangan Optical Character Recognation. Ini merupakan teknologi scan yang memungkinkan untuk mengenali tulisan pada sebuah gambar dan mengubahnya menjadi data teks.

Umumnya cara ini bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi OCR yang ada di Google Playstore. Padahal ada cara yang lebih mudah melakukannya tanpa aplikasi tambahan. Adapun cara mengubah gambar menjadi teks di HP tanpa aplikasi selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mengubah Gambar Menjadi Teks via Online

Untuk cara yang pertama ini kita bisa memanfaatkan platform OCR online yang bisa diakses melalui browser. Kita tidak perlu menginstall aplikasi tambahan, hanya butuh internet dan browser untuk mengakses website OCR tersebut.

  • Langkah yang pertama Anda buka browser di perangkat HP android.
  • Kemudian kunjungi halaman situs Online OCR melalui LINK INI. https://www.onlineocr.net/
  • Pada halaman situs tersebut, Anda klik tombol SELECT FILE pada 1 STEP. Kemudian cari dan pilih file gambar yang ingin diekstrak tulisannya.
  • Kemudian pada 2 STEP, Anda pilih Bahasa dan juga format file output yang diinginkan. Anda bisa menyesuaikannya sendiri sesuai kebutuhan.
  • Jika sudah, kemudian Anda klik tombol CONVERT pada 3 STEP dan tunggu hingg proses scanning selesai.
  • Nantinya hasil teksnya akan ditampilkan di kolom di bawahnya. Sekarang Anda klik tombol Download Output File untuk menyimpannnya. Atau bisa juga dengan cara seleksi semua hasil teksnya, lalu klik Salin atau Copy dan Paste di dokumen baru.

2. Mengubah Gambar Menjadi Teks dengan Google Lens

Sementara untuk cara yang kedua ini kita bisa memanfaatkan layanan gratis dari Google, yakni Google Lens. Sebenarnya memindai teks pada gambar bukan fungsi utama dari layanan Google ini. Namun, di dalamnya disediakan fitur OCR yang memungkinkan untuk digunakan pemindaian gambar menjadi teks.

  • Langkah pertama Anda buka aplikasi Google di perangkat smartphone.
  • Kemudian klik ikon Kamera yang ada di sebelah kanan kolom Search.
  • Pada halaman yang ditampilkan, selanjutnya Anda pilih gambar yang ingin Anda pindai teksnya.
  • Gambar akan ditampilkan, selanjutnya Anda pilih menu Teks di bagian bawah tampilan.
  • Semua teks akan terdeteksi oleh Google Lens, kemudian klik opsi Pilih Semua dan klik Salin Teks.
  • Selanjutnya Paste atau Tempel teks pada halaman dokumen baru, baik di menu Catatan atau Ms. Word.

Itulah tadi cara mengubah gambar menjadi teks di HP tanpa aplikasi yang mudah dan praktis bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *